Rabu, 30 November 2011

Buku terselubung



Suatu ketika kita dalam posisi ingin membuat argumentasi kita itu benar dan diikuti orang. Sebenarnya ada banyak tak tik atau strategi yang bisa digunakan untuk mempengaruhi orang lain. Untuk itu kita harus mampu mengusai dan mempengaruhi psikologi orang yang ingin kita ajak. Dan untuk belajar itu, buku yang berjudul Bujukan Terselubung, taktik psikologi untuk menang dalam persainganbisa menjadi referensi bahan bacaan Anda.


Buku yang dikarang oleh Kevin Hogan dan James Speakman ini membahas secara mendalam bagaimana cara mempengaruhi orang dengan bujukan-bujukan terselubung yang akan memenangkan Anda dalam memasarkan barang atau mengikuti ajakan Anda. Tentunya bagi yang bekerja tak jauh dari marketing atau pemasaran akan banyak menambah ilmu baru.


Buku yang sepertinya berupa terjamahan ini banyak disertai dengan riset yang berlatar belakang di barat. Salah satu rumus terselubung yang saya temukan di buku ini untuk perubahan perilaku adalah seperti ini;


Emosi Negatif + Rencana Perilaku = Perubahan Perilaku


Contohnya seperti ini;


“Bayangkan jika Anda terus menghisap rokok, yang akan Anda lihat adalah anak cucu Anda akan melihat Anda di dalam terbaring di peti mati sambil menangis karena Anda tak lagi bisa berbicara dengan Anda, sebab Anda bunuh diri secara berlahan-lahan karena tembakau. Kenangan cucu Anda tak lagi sama mengenai Anda. (emosi negatif)


Dan bila Anda mengurangi rokok setiap hari, dan akan berhenti pada bulan berikutnya. Dan membuang semua rokok itu, bukankah menyenangkan melihat Anda sehat dan bahagia bermain dengan cucu Anda?” (rencana perilaku)


Saya sendiri belum selesai membaca buku itu, rencananya kemarin waktu mengawasi ujian bisa sambil baca buku Bujukan Terselubung ini. Tapi kenyataanya tidak seperti yang direncanakan. Keadaan tegang, dan aturan yang sedikit ketat. Sehingga hanya sedikit waktu yang bisa digunakan. Manfaatnya membaca buku ini tentunya untuk belajar tentang psikologi dan memanfaatkannya untuk mempengaruhi orang lain. Sehingga pesan dan ajakan kita bisa diterima dan diikuti.


Buku setebal 262 halaman ini buka buku saya sendiri lo ya Saya masih belum terbiasa membeli buku sendiri, masih sayang dengan uangnya. Buku ini buku pinjaman. Semoga saja setelah baca buku Bujukan Terselubung ini kalau saya dapat job review akan bisa mempraktekannya. Bagaimana biasanya isinya pada intinya adalah mempengaruhi orang untuk memakai, membeli atau menggunakan sesuatu yang ingin disampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar